Kamis, 17 Januari 2013

PERSAINGAN ANTARA APLE DAN SAMSUNG


PERSAINGAN ANTARA APLE DAN SAMSUNG
Dijaman serba teknologi ini, khususnya seperti tablet, ipon, dan android. Banyak sekali perusahaan gadget yang bersaing dengan berbagai cara dan meniru antara gadget satu dengan gadget yang lain contohnya persaingan antara aple dan Samsung.
Samsung yang telah lama menjadi patner aple di duga menjiplak design aple, itulah yang terjadi pada dua perusahaan dunia,aple dan amerika dan Samsung dari korea selatan. Kasus sengketa hak patenpun mencuat hingga bergulir ke pengadilan, sidang yang di gelar di pengadilan sanjose, California, amerika. Samsung melanggar hak paten dari aple dan terancam denda Rp. 9 Trilliun. Hak paten merupakan hak ekseklusif yang di berikan suatu Negara atasa infosi atau ide produk teknologi dalam jangaka waktu tertentu. Tidak tanggung-tanggung Samsung melanggar enam dari tujuh dari hak paten. Berikut ini hak paten yang di permasalahkan oleh pihak aple seperti yang di rilis dalam situs cnet,
1.       Paten no.381
2.       Paten no. 915
3.       Paten no. 163
4.       Paten no. D’677
5.       Paten no. D’087
6.       Paten no. D’305
Tahap akhir dari perseteruan aple dan Samsung. Keduannya sama-sama memberikan bukti dokumen. Pihak dewan juri memutuskan bahwa Samsung telah melanggar beberapa paten milik aple. Dewan juri mengambil keputusan setelah menganggap bukti-bukti yang di berikan pihak aple pendukung keputusan tersebut. Sedangkan bukti-bukti yang di bawa oleh Samsung di nilai tidak cukup kuat dan membuat dewan juri untuk memutuskan Samsung harus membayar denda atau ganti rug. Dengan kekalahan Samsung ini maka pengguna smartphon di AS dan beberapa Negara lainnya harus rela menghadapi kenyataan untuk sementara tidak bisa menggunakan tablet dan smartphon dari Samsung.
Bagi Indonesia ini khususnya, persaingan aple vs Samsung, jika aple menang dan Samsung ditolak. Maka produk Samsung di Indonesia akan di tarik dan imbasnya akan merugikan kalangan menengah kebawah yang tidak bisa lagi menikmati smartphone yang murah. Dimana segmen pasar Samsung memang mendidik kalangan menengah kebawah yang sangat potensial di tanah air.
Sumber: kompasiyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar